SKEMA Penulis Naskah (2016)

SKEMA SERTIFIKASI KOMPETENSI

LSP STMM menyelenggarakan sertifikasi kompetensi Penulisan Naskah

KEMASAN / PAKET KOMPETENSI

Kemasan /paket kompetensi Penulisan Naskah meliputi:

No.

Kode Unit

Judul Unit

1

TIK.MM02.021.01

Membangun Sebuah Narasi

2

TIK.MM02.022.01

Menulis Naskah

3

TIK.MM02.023.01

Menyunting Naskah

Materi uji kompetensi disusun berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor : Kep. 115/Men/III/2007 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Komunikasi Sub Sektor Pos Dan Telekomunikasi Bidang Jaringan Telekomunikasi Sub Bidang Jasa Multimedia, dengan perincian sebagai berikut.

KODE UNIT : TIK.MM02.021.01

JUDUL UNIT : Membangun Sebuah Narasi

DESKRIPSI UNIT : Unit ini mendeskripsikan tentang keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah narasi atau cerita yang mana meliputi perlakuan, garis besar atau jalan cerita untuk semua produksi dalam industri budaya.

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

  1. Merencanakan dan menyiapkan penulisan narasi

1.1. Pengetahuan atas latihan penulisan naskah dan corak saat ini dapat dikembangkan untuk kontribusi dan memperlebar hasil kreatif diri sendiri.

1.2. Lingkungan dapat diciptakan untuk membantu memberikan ide-ide dan memotifasi penganekaragaman ide.

1.3. Kegunaan narasi dan eksplorasi jalan didefinisikan dan dicatat untuk meraih tujuan.

1.4. Informasi dari berbagai sumber daya dikumpulkan, bila perlu dihasilkan dan dieksplorasi dan dicatat ruang lingkup ide-ide untuk desain cerita.

1.5. Sumber daya dievaluasi serta dihasilkan ide-ide, dikelompokkan, dan dipilih yang sesuai dengan persyaratan narasi.

1.6. Ide yang dipilih dipertimbangkan, direfleksikan pada proyek.

    1. Ide-ide dievaluasi.

  1. Mengembangkan narasi

2.1. Narasi dipilih dan ditulis dalam bentuk yang dapat diinterpretasikan oleh yang lain.

2.2. Sebuah narasi didaftarkan dan dipresentasikan menggunakan metode dan konvensi yang paling tepat dengan konteks atau persyaratan.

2.3. Umpan balik mengenai narasi dari orang-orang yang relevan, ditinjau, didiskusikan dan dihasilkan bila dibutuhkan.

2.4. Segala ide baru dicatat dan ide tersebut digunakan dalam narasi, bila tepat.

2.5. Kriteria diidentifikasi untuk menyediakan pengukuran efektif atas sukses pekerjaan dalam konteksnya.

2.6. Narasi yang relevan dipastikan siap untuk bagian selanjutnya dari produksi dan dilengkapi dalam batas waktu yang disetujui dan dalam batas persyaratan anggaran bila mana perlu.

BATASAN VARIABEL

1. Tipe produksi meliputi:

1.1. Film dan video roman

1.2. Permainan-permainan

1.3. Rangkaian pendidikan

1.4. Film dokumenter

1.5. Film dan video pendek

1.6. Animasi

1.7. Serial televisi

1.8. Iklan / komersial

1.9. Film dan video pelatihan dan perusahaan

1.10. Kegiatan dan penampilan langsung

2. Sumber daya yang relevan meliputi:

2.1. Inspirasi

2.2. Imajinasi

2.3. Pengalaman hidup

2.4. Kejadian aktual / nyata

2.5. Bahan narasi yang muncul

2.6. Media lain

2.7. Perjalanan

2.8. Observasi

2.9. Pengalaman yang berbeda

3. Ide-ide dapat dihasilkan dari:

3.1. Brainstorming

3.2. Latihan

3.3. Pemberian pertanyaan

3.4. Role play

3.5. Membuat analogi

3.6. Mencari subyek dari sudut pandang yang berbeda

3.7. Inovasi

4. Strategi untuk mengembangkan kemampuan menulis naskah meliputi:

4.1. Membaca dan menganalisa ruang lingkup dari materi naskah

4.2. Membaca ruang lingkup dari bahan tertulis

4.3. Latihan menulis

4.4. Mengamati dan menganalisa ruang lingkup produksi layar

4.5. Keanggotaan atas organisasi dan kelompok yang relevan

4.6. Pengembangan profesional dan kesempatan belajar lainnya

4.7. Kehadiran pada festival dan konferensi

5. Elemen cerita meliputi:

5.1. Plot / cerita

5.2. Karakter

5.3. Aliran

5.4. Setting

5.5. Struktur

5.6. Konflik

5.7. Tema

6. Bentuk narasi dapat merupakan:

6.1. Sinopsis

6.2. Garis besar

6.3. Garis cerita

6.4. Perlakuan

7. Orang-orang yang relevan meliputi:

7.1. Produser

7.2. Sutradara

7.3. Penulis

7.4. Editor naskah

7.5. Penyiar radio

7.6. Pemain

7.7. Badan pendanaan

7.8. Klien / konsumen

7.9. Staf teknis yang lain

7.10. Staf ahli yang lain

PANDUAN PENILAIAN

    1. Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Penilaian harus meliputi fakta esensial pengetahuan dan keahlian pada bidang di bawah ini:

1.1. Kemampuan melokasikan dan menggunakan sumber daya untuk memperluas pengalaman kreatif

1.2. Kemampuan mendemonstrasikan keaslian dan pendekatan inovatif dalam proses penulisan naskah kreatif

1.3. Kemampuan untuk mencoba corak dan elemen narasi untuk mengembangkan pilihan sendiri dan memperluas latihan penulisan

1.4. Kemampuan memperluas ikatan kreatif untuk diri sendiri dan penonton

1.5. Pengetahuan dan pengertian atas prinsip dan latihan penulisan untuk layar

1.6. Pengetahuan atas bermacam-macan tehinik pembacaan cerita

1.7. Pengetahuan yang relevan dengan konvensi penulisan, contohnya: film, bahasa

1.8. Pengetahuan atas aspek cerita dan / atau pengembangan karakter

1.9. Pengetahuan atas struktur penulisan layar atau radio

1.10. Membaca dan menginterpretasikan dokumentasi dan rencana

1.11. Pengetahuan atas teknik komunikasi yang efektif meliputi mendengarkan secara aktif, bertanya dan komunikasi non verbal

1.12. Pengetahuan atas organisasi yang relevan dan / atau persyaratan legislatif kesehatan dan keselamatan tempat kerja

2. Konteks penilaian

2.1. Penilaian dapat diambil dalam pekerjaan, di luar pekerjaan atau merupakan penggabungan dari keduanya. Bagaimana pun juga Penilaian dari unit ini akan lebih efektif bila diambil dalam persyaratan lingkungan tempat kerja yang spesifik.

2.2. Ruang lingkup metode untuk menambah aplikasi dari esensial pengetahuan dasar harus mendukung hal ini dan meliputi:

2.2.1. Contoh pekerjaan atau aktifitas tempat kerja yang disimulasikan

2.2.2. Pertanyaan lisan / wawancara bertujuan untuk mengevaluasi proses yang digunakan dalam mengembangkan dan merealisasikan konsep kreatif

2.2.3. Proyek-proyek / laporan

2.2.4. Laporan pihak ketiga dan hasil utama yang didapat

2.2.5. Laporan fakta yang mendemonstrasikan proses yang digunakan dalam mengembangkan dan merealisasikan konsep kreatif

3. Aspek penting penilaian

3.1. Unit ini berkompeten diaplikasikan pada ruang lingkup sektor industri. Fokus dari penilaian akan tergantung pada sektor industri. Penilaian harus memenuhi kebutuhan dari sektor tertentu yang mana penampilannya akan ditambahkan. Penilaian harus diperuntukkan pada variabel keadaan sekitar yang terdafatar dalam ruang lingkup pernyataan variabel yang diaplikasikan pada konteks yang dipilih.

3.2. Fakta di bawah ini kritis untuk menilai kompetensi unit ini:

3.2.1. Kemampuan untuk menulis garis besar narasi untuk produksi media

3.2.2. Pengetahuan atas prinsip dan latihan penulisan narasi

3.2.3. Pengetahuan dan aplikasi pada legislasi lokal kesehatan, keselamatan dan keamanan tempat kerja yang relevan

3.2.4. Pengetahuan teknik komunikasi yang efektif

4. Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1 Keterkaitan unit kompetensi untuk penilaian akan bervariasi dengan projek atau skenario tertentu. Unit ini penting untuk suatu range pelayanan teknologi Informasi dan oleh karena itu harus dinilai secara keseluruhan dengan unit technical / support.

4.2 Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra-kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu / khusus, pelatihan harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

Kompetensi Kunci

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

1

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

2

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

1

6

Memecahkan masalah

1

7

Menggunakan teknologi

1

KODE UNIT : TIK.MM02.022.01

JUDUL UNIT : Menulis Naskah

DESKRIPSI UNIT : Unit ini mendeskripsikan tentang keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan menulis sebuah naskah dari narasi asli untuk semua produksi dalam industri budaya.

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

  1. Meninjau Narasi

1.1. Bentuk narasi dianalisa untuk menghasilkan narasi yang siap untuk penulisan bagian berikutnya.

1.2. Kegunaan narasi diidentifikasi dan dicatat, dan dieksplorasi ruang lingkup cara untuk merubahnya menjadi bentuk naskah.

1.3. Kemungkinan yang teridentifikasi dipertimbangkan dari penerimaan narasi dan refleksi pada kemungkinan dari proyek tersebut.

    1. Ide naskah yang dikembangkan dari bentuk narasi dievaluasi dengan orang-orang yang relevan, bila dibutuhkan.

  1. Menulis Konsep Awal

2.1. Lingkungan yang akan menghasilkan ide-ide dan membantu dalam motivasi untuk membawa ide-ide yang bervariasi dipererat.

2.2. Ruang lingkup ide dari bermacam-macam sumber daya untuk pengembangan lebih lanjut desain sebuah cerita dihasilkan, dieksplorasi dan diberi penekanan.

2.3. Ide-ide yang dihasilkan dievaluasi, ide-ide yang berhubungan dikelompokkan, dan ide-ide yang sesuai dengan persyaratan naskah dipilih.

2.4. Ide-ide yang dipilih dipertimbangkan dan di refleksikan untuk pengembangan naskah.

2.5. Dipastikan segala informasi fakta yang akurat dan berhubungan dengan hasil penelitian dan narasi disetujui.

2.6. Konsep naskah dihaluskan sampai memenuhi persyaratan kreatif dan artistik.

2.7. Kriteria untuk pengukuran yang efektif diidentifikasi dan dihasilkan atas kesuksesan naskah dalam konteksnya.

2.8. Konsep akhir naskah dipastikan sesuai dengan persyaratan waktu dari produksi yang diminta.

2.9. Konsep akhir diserahkan pada orang-orang yang relevan untuk dipertimbangkan dan ditinjau, bila diperlukan.

    1. Segala perubahan naskah didokumentasikan dan diimplementasikan jika diperlukan.

BATASAN VARIABEL

1. Tipe produksi meliputi:

1.1. Film dan video roman

1.2. Film dokumenter

1.3. Film dan video pendek

1.4. Animasi

1.5. Serial televisi

1.6. Iklan / komersial

1.7. Film dan video pelatihan dan perusahaan

1.8. Multimedia interaktif

1.9. Kegiatan dan penampilan langsung

2. Sumber daya yang relevan meliputi:

2.1. Inspirasi

2.2. Imajinasi

2.3. Pengalaman hidup

2.4. Kejadian aktual / nyata

2.5. Bahan narasi yang muncul

2.6. Media lain

2.7. Perjalanan

2.8. Observasi

2.9. Pengalaman yang berbeda

3. Ide-ide dapat dihasilkan dari:

3.1 Brainstorming

3.2 Latihan

3.3 Pemberian pertanyaan

3.4 Role play

3.5 Membuat analogi

3.6 Mencari subyek dari sudut pandang yang berbeda

3.7 Inovasi

4. Persyaratan produksi meliputi:

4.1. Durasi

4.2. Corak

4.3. Isi

4.4. Anggaran

4.5. Tenggat waktu

4.6. Lokasi

4.7. Audience

4.8. Kegunaan

4.9. Kontrak

4.10. Kerahasiaan

4.11. HAKI

4.12. Jadwal

5. Perlengkapan meliputi:

5.1. Komputer

5.2. Alat tulis

5.3. Peralatan perekam

6. Elemen cerita meliputi:

6.1. Plot

6.2. Cerita

6.3. Tema

6.4. Struktur

6.5. Karakter

6.6. Aliran

6.7. Konflik

7. Bentuk narasi dapat merupakan:

7.1. Sinopsis

7.2. Garis besar

7.3. Garis cerita

7.4. Perlakuan

7.5. Naskah televisi

7.6. Screenplay

8. Naskah meliputi:

8.1. Roman

8.2. Film dokumentasi

8.3. Komedi

8.4. Drama televisi

8.5. Serial

8.6. Program anak-anak

8.7. Berita

8.8. Infotainment

8.9. Film interaktif

8.10. Permainan interaktif

8.11. Play

8.12. Teks penampilan

9. Orang-orang yang relevan meliputi:

9.1. Produser

9.2. Sutradara

9.3. Penulis naskah

9.4. Editor naskah

9.5. Pemain

9.6. Staf teknis yang lain

9.7. Staf ahli yang lain

9.8. Klien

9.9. Audience

PANDUAN PENILAIAN

    1. Pengetahuan dan keterampilan penunjang

Penilaian harus meliputi fakta esensial pengetahuan dan keahlian pada bidang di bawah ini:

1.1. Kemampuan melokasikan dan menggunakan sumber daya untuk memperluas pengalaman kreatif

1.2. Kemampuan mendemonstrasikan keaslian dan pendekatan inovartif dalam proses penulisan naskah kreatif

1.3. Kemampuan untuk mencoba corak dan elemen narasi untuk mengembangkan pilihan sendiri dan memperluas latihan penulisan

1.4. Kemampuan memperluas ikatan kreatif untuk diri sendiri dan penonton

1.5. Pengetahuan dan pengertian atas prinsip dan latihan penulisan untuk layar

1.6. Pengetahuan atas bermacam-macan tehinik pembacaan cerita

1.7. Pengetahuan yang relevan dengan konvensi penulisan, contohnya: film, bahasa

1.8. Pengetahuan atas apek cerita dan / atau pengembangan karakter

1.9. Pengetahuan atas struktur penulisan layar, teater atau radio

1.10. Pengertian atas kecakapan pengarah layar

1.11. Pengertian atas kecakapan berakting di layar

1.12. Membaca dan menginterpretasikan dokumentasi bentuk narasi lainnya

1.13. Pengetahuan atas teknik komunikasi yang efektif meliputi mendengarkan secara aktif, bertanya dan komunikasi non verbal

1.14. Pengetahuan atas organisasi yang relevan dan / atau persyaratan legislatif kesehatan dan keselamatan tempat kerja.

2. Konteks penilaian

2.1. Penilaian dapat diambil dalam pekerjaan, di luar pekerjaan atau merupakan penggabungan dari keduanya. Bagaimana pun juga Penilaian dari unit ini akan lebih efektif bila diambil dalam persyaratan lingkungan tempat kerja yang spesifik.

2.2. Ruang lingkup metode untuk menambah aplikasi dari esensial pengetahuan dasar harus mendukung hal ini dan meliputi:

2.2.1. Contoh pekerjaan atau aktifitas tempat kerja yang disimulasikan

2.2.2. Pertanyaan lisan / wawancara bertujuan untuk mengevaluasi proses yang digunakan dalam mengembangkan dan merealisasikan konsep kreatif

2.2.3. Proyek-proyek / laporan

2.2.4. Laporan pihak ketiga dan hasil utama yang didapat

2.2.5. Laporan fakta yang mendemonstrasikan proses yang digunakan dalam mengembangkan dan merealisasikan konsep kreatif

3. Aspek penting penilaian

3.1. Unit ini berkompeten diaplikasikan pada ruang lingkup sektor industri. Fokus dari Penilaian akan tergantung pada sektor industri. Penilaian harus memenuhi kebutuhan dari sektor tertentu yang mana penampilannya akan ditambahkan. Penilaian harus diperuntukkan pada variabel keadaan sekitar yang terdaftar dalam ruang lingkup pernyataan variabel yang diaplikasikan pada konteks yang dipilih.

3.2. Fakta di bawah ini kritis untuk menilai kompetensi unit ini:

3.2.1. Kemampuan untuk menulis garis besar narasi untuk produksi media

3.2.2. Pengetahuan atas prinsip dan latihan penulisan narasi

3.2.3. Pengetahuan dan aplikasi pada legislasi lokal kesehatan, keselamatan dan keamanan tempat kerja yang relevan

3.2.4. Pengetahuan teknik komunikasi yang efektif

4. Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1 Keterkaitan unit kompetensi untuk penilaian akan bervariasi dengan projek atau skenario tertentu. Unit ini penting untuk suatu range pelayanan teknologi Informasi dan oleh karena itu harus dinilai secara keseluruhan dengan unit technical / support.

4.2 Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra-kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu / khusus, pelatihan harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

Kompetensi Kunci

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

3

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

3

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

1

6

Memecahkan masalah

2

7

Menggunakan teknologi

2

KODE UNIT : TIK.MM02.023.01

JUDUL UNIT : Menyunting Naskah

DESKRIPSI UNIT : Unit ini mendeskripsikan tentang keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menambah, menganalisa, mengedit dan menghaluskan naskah, bekerja sama dengan penulis, untuk menyelesaikan produksi untuk semua produksi industri budaya.

ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

  1. Menambah naskah untuk diedit

1.1. Elemen cerita yang relevan diidentifikasi dan dihasilkan, meliputi: plot, struktur, tema, karakter dan aliran.

1.2. Struktur, konsistensi, karakterisasi, benturan, bahasa dan hal-hal relevan lainnya ditambahkan dengan naskah.

1.3. Dikomunikasikan dengan orang-orang yang relevan untuk menghasilkan dan mengkonfirmasi konsep naskah asli yang dibutuhkan dan dokumentasi segala perubahan dari konsep asli.

Penyelesaian dari bermacam-macam proses pengeditan panggung ditentukan batas waktunya sehingga semua tenggat waktu dapat dicapai.

Menganalisa naskah

2.1. Dalam kerjasama dengan (para) penulis, kegunaan cerita didefinisikan dan dianalisa untuk memastikan semua elemen cerita dikontribusikan untuk tujuan ini.

2.2. Elemen cerita dianalisa dan ditambah masing-masing elemen untuk efektivitas artistik.

2.3. Kerja sama dengan (para) penulis dilakukan untuk menghasilkan visi penulis dan secara berkesinambungan naskah ditambah untuk membantu definisi visi tersebut.

2.4. Masukan yang jelas dan konstruktif ditawarkan untuk membetulkan fakta yang tidak akurat dan persyaratan produksi yang lain.

Perubahan terhadap naskah dipastikan

konsisten dengan persyaratan editorial dan

peraturan.

Mendapatkan persetujuan dari orang-orang yang relevan

3.1 Naskah yang sudah diedit dipresentasikan pada orang-orang yang relevan untuk mendapatkan validasi.

3.2 Perubahan akhir didiskusikan dan disetujui dengan orang-orang yang relevan.

3.3 Perubahan yang diperlukan diaplikasi dan dikonfirmasi bahwa naskah sudah sesuai dengan semua persyaratan dan siap untuk produksi.

BATASAN VARIABEL

1. Tipe produksi meliputi:

1.1. Film dan video roman

1.2. Film dokumenter

1.3. Film dan video pendek

1.4. Animasi

1.5. Serial televisi

1.6. Iklan / komersial

1.7. Film dan video pelatihan

1.8. Multimedia

1.9. Kegiatan dan penampilan langsung

1.10. Teater

1.11. Penampilan

2. Sumber daya yang relevan meliputi:

2.1. Inspirasi

2.2. Imajinasi

2.3. Pengalaman hidup

2.4. Kejadian aktual / nyata

2.5. Bahan narasi yang muncul

2.6. Surat kabar

3. Elemen cerita meliputi:

3.1 Plot

3.2 Cerita

3.3 Tema

3.4 Struktur

3.5 Karakter

3.6 Aliran

3.7 Konflik

4. Hasil merupakan:

4.1. Sinopsis

4.2. Garis besar

4.3. Garis cerita

4.4. Naskah televisi

4.5. Screenplay

5. Naskah meliputi:

5.1. Roman

5.2. Film dokumentasi

5.3. Komedi

5.4. Drama televisi

5.5. Serial

5.6. Perusahaan / industri

5.7. Program anak-anak

5.8. Berita

5.9. Infotainment

5.10. Film interaktif

5.11. Permainan interaktif

5.12. Play

5.13. Teks penampilan

5.14. Penampilan radio

6. Persyaratan produksi meliputi:

6.1. Kegunaan

6.2. Durasi

6.3. Corak

6.4. Isi

6.5. Anggaran

6.6. Tenggat waktu

6.7. Lokasi

6.8. Audience

6.9. Kontrak

6.10. Kerahasiaan

6.11. HAKI

6.12. Jadwal

7. Orang-orang yang relevan meliputi:

7.1. Produser

7.2. Sutradara

7.3. Penulis naskah

7.4. Editor naskah

7.5. Manajer program

7.6. Penyiar

7.7. Pemain

7.8. Staf teknis yang lain

7.9. Staf ahli yang lain

7.10. Audience

PANDUAN PENILAIAN

    1. Pengetahuan dan keterampilan penunjang

1.1. Penilaian harus meliputi fakta esensial pengetahuan dan keahlian pada bidang di bawah ini:

1.2. Kemampuan melokasikan dan menggunakan sumber daya untuk memperluas pengalaman kreatif

1.3. Kemampuan mendemonstrasikan keaslian dan pendekatan inovatif dalam proses penulisan naskah kreatif

1.4. Kemampuan untuk mencoba corak dan elemen narasi untuk mengembangkan pilihan sendiri dan memperluas latihan penulisan

1.5. Kemampuan memperluas ikatan kreatif untuk diri sendiri dan penonton

1.6. Pengetahuan dan pengertian atas prinsip dan latihan penulisan untuk layar

1.7. Pengetahuan atas bermacam-macan teknik pembacaan cerita

1.8. Pengetahuan yang relevan dengan konvensi penulisan, contohnya: film, bahasa

1.9. Pengetahuan atas apek cerita dan / atau pengembangan karakter

1.10. Pengetahuan atas struktur penulisan layar, teater atau radio

1.11. Pengertian atas kecakapan pengarah layar

1.12. Pengertian atas kecakapan berakting di layar

1.13. Pengetahuan organisasi dan / atau legislasi yang relevan atas persyaratan kesehatan dan keselamatan kesehatan dan keselamatan tempat kerja

1.14. Membaca dan menginterpretasikan dokumentasi dan rencana

1.15. Pengetahuan atas teknik komunikasi yang efektif meliputi mendengarkan secara aktif, bertanya dan komunikasi non verbal

2. Konteks penilaian

2.1. Penilaian dapat dilakukan dalam pekerjaan, di luar pekerjaan atau merupakan penggabungan dari keduanya. Bagaimana pun juga penilaian unit ini akan lebih efektif bila diambil dalam persyaratan lingkungan tempat kerja yang spesifik.

2.2. Ruang lingkup metode untuk menambah aplikasi dari esensial pengetahuan dasar harus mendukung hal ini dan meliputi:

2.2.1. Studi kasus

2.2.2. Contoh pekerjaan atau aktifitas tempat kerja yang disimulasikan

2.2.3. Pertanyaan lisan / wawancara bertujuan untuk mengevaluasi proses yang digunakan dalam mengembangkan dan merealisasikan konsep kreatif

2.2.4. Proyek-proyek / laporan

2.2.5. Laporan pihak ketiga dan hasil utama yang didapat

2.2.6. Laporan fakta yang mendemonstrasikan proses yang digunakan dalam mengembangkan dan merealisasikan konsep kreatif

3. Aspek penting penilaian

3.1 Karena unit ini berfokus pada pengeditan naskah, Penilaian harus memastikan bahwa sebuah ruang lingkup yang cukup atas tugas pengeditan naskah terpenuhi menggunakan ruang lingkup yang cukup dari naskah untuk layar. Ruang lingkup variabel akan membantu.

3.2 Fakta di bawah ini penting untuk menilai kompetensi unit ini:

3.2.1. Kemampuan untuk menganalisa dan mengedit naskah pada layar untuk konsep akhir yang siap untuk produksi

3.2.2. Pengetahuan prinsip dan pelatihan penulisan layar

3.2.3. Komunikasi tertulis dan lisan yang efektif dengan ruang lingkup individu dan organisasi

3.2.4. Pengetahuan atas isu kesehatan dan keselamatan tempat kerja

4. Kaitan dengan unit-unit lainnya

4.1 Keterkaitan unit kompetensi untuk penilaian akan bervariasi dengan projek atau skenario tertentu. Unit ini penting untuk suatu range pelayanan teknologi Informasi dan oleh karena itu harus dinilai secara keseluruhan dengan unit technical / support.

4.2 Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Untuk pelatihan pra-kejuruan umum, institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. Untuk sektor tertentu / khusus, pelatihan harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tersebut.

Kompetensi Kunci

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI

TINGKAT

1

Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi

2

2

Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi

2

3

Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas

3

4

Bekerja dengan orang lain dan kelompok

2

5

Menggunakan ide-ide dan teknik matematika

1

6

Memecahkan masalah

2

7

Menggunakan teknologi

1